0215272455 / 08118867897


Pentingnya Aplikasi Sekolah Berbasis Web Untuk Memudahkan Guru Dan Para Siswa

October 1 2018 2:28 pm | View : 187

Aplikasi Sekolah Berbasis Web

Aplikasi sekolah berbasis web tentunya sangat dibutuhkan baik guru maupun para siswa. Terlebih lagi perkembangan teknologi saat ini telah berkembang dengan sangat cepat. Sehingga, tidaklah mengherankan membuat orang-orang tidak lagi terbatas hanya pada buku-buku, surat kabar, dan lainnya, tetapi juga bisa didapatkan dengan mudah melalui jaringan internet.

Konsep pembelajaran sekolah berbasis web

Konsep pembelajaran berbasis web merupakan suatu pembelajaran elektronik yang berbasis TIK, dituangkan ke dalam format digital dengan metode tertentu, dengan begitu dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang interaktif. Dengan adanya hal seperti ini akan memungkinkan para siswa untuk belajar secara kolaboratif atau individual baik menggunakan aplikasi internet maupun intranet. Dengan media pembelajaran berbasis web, tentunya materi pembelajaran bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. Selain itu, materinya juga dapat diperkaya oleh berbagai sumber belajar.

Sebagian media pembelajaran yang berbasis web ada yang hanya dibangun untuk menampilkan kumpulan materi saja, sedangkan forum tanya jawab atau diskusi dilakukan melalui milist atau email. Ada juga media pembelajaran terpadu, berupa portal e-learning. Di dalamnya berisi berbagai objek pembelajaran yang dipadukan dengan sistem informasi akademik, diskusi, komunikasi, evaluasi, serta berbagai educational tools lainnya.Tentunya bagi para siswa pembelajaran yang menarik adalah ketika mereka di dalam kelas diikutsertakan secara aktif. 

Dengan terjadinya sebuah interaksi, pastinya akan saling menguntungkan baik guru maupun para siswa. Jika pada awalnya media pembelajaran yang diberikan bersifat monoton atau terpaku, pastinya mereka akan cepat merasa bosan. Maka dari itu, fungsi dari media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi berbasis web sangat dibutuhkan saat ini. Salah satu manfaat yang akan di dapatkan oleh siswa adalah akan terbuka lebar wawasan keilmuan dan pengetahuannya.

Kelebihan menggunakan aplikasi sekolah berbasis web

Tahukah anda bahwa aplikasi berbasis web memiliki banyak kelebihan bagi para penggunanya. Secara umum, kelebihan menggunakan aplikasi berbasis web diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Akses informasi yang lebih mudah

Setiap user yang menggunakan aplikasi berbasis web akan lebih mudah untuk mengakses semua informasi dan bisa diakses di berbagai perangkat.

2. Responsive

Kelebihan berikutnya yang bisa dipertimbangkan adalah antarmukanya yang responsive atau fleksibel. Artinya bahwa tampilan yang terdapat pada aplikasi berbasis web bisa menyesuaikan layar atau tempat.

3. Memiliki keamanan yang ketat

Ketika di dalam sebuah server aplikasi berbasis web terjadinya kebocoran keamanan, maka anda tidak perlu khawatir karena dapat dengan mudah diperbaiki. Hal ini tentunya berbeda dengan aplikasi berbasis desktop, yang banyaknya survei ditemukan jika perangkat lunak berbasis desktop yang jarang di update bisa rentan terhadap masalah hingga bocornya keamanan.

4. Bisa digunakan secara offline

Walaupun ada sebagian besar aplikasi berbasis web hanya dapat digunakan saat terhubung dengan internet, ternyata juga ada aplikasi berbasis web yang bisa digunakan secara offline.Setelah anda mengetahui apa-apa saja kelebihan dari aplikasi berbasis web secara umum, maka saatnya anda untuk mengetahui berbagai kelebihan aplikasi sekolah berbasis web. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tersedianya fasilitas e-moderating, sehingga guru dan siswa dapat berkomunikasi dengan mudah melalui fasilitas internetnya kapan saja tanpa dibatasi dengan jarak dan waktu.
  • Sangat potensial digunakan sebagai sumber belajar untuk para pelajar yang tidak memiliki cukup waktu dalam belajar.
  • Isi materi pelajaran yang bisa di-update dengan sangat mudah.
  • Guru dan siswa bisa menggunakan petunjuk belajar atau bahan ajar yang terstruktur serta terjadual melalui internet, dengan begitu keduanya dapat saling menilai sudah sejauh mana bahan ajar yang telah dipelajari.
  • Menyediakan mesin pencari yang bisa digunakan guna mencari mesin informasi yang memang dibutuhkan.
  • Para pelajar bisa mempelajarinya sesuai dengan karakteristik masing-masing. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang berbasis web akan membuat pembelajaran menjadi bersifat individual.
  • Siswa dapat me-review atau belajar bahan ajar setiap saat, dimana saja jika memang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan bahan ajarnya yang tersimpan di dalam komputer.
  • Menyediakan sumber belajar tambahan yang bisa digunakan dalam memperkaya materi pembelajaran.
  • Dapat merubah atau mendorong para siswa untuk lebih mandiri dan aktif dalam belajar
  • Relatif lebih efisien ketika digunakan oleh guru maupun para siswa.

Mengetahui prinsip pembelajaran berbasis web

Pembelajaran yang berbasis web dibangun dengan beberapa prinsip yang tentunya sangat berperan dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran siswa. Pada dasarnya, yang membuat pembelajaran berbasis web menjadi lebih efektif bergantung kepada pandangan dari pemegang kepentingan. Beberapa prinsip pembelajaran berbasis web diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Interaksi

Interaksi merupakan kapasitas komunikasi dengan orang lain yang memang tertarik dengan topik yang sama maupun pembelajaran yang digunakan merupakan pembelajaran berbasis web yang sama. Di dalam lingkungan belajar, interaksi merupakan kapasitas berbicara antar peserta atau antar peserta dengan instruktur.

2. Ketergantungan

Maksud ketergantungan di sini adalah bagaimana para siswa dengan mudah untuk menggunakan web. Ada dua elemen penting yang terdapat pada prinsip ketergantungan ini, yaitu kesederhanaan dan konsisten. Pada intinya adalah bagaimana pengembangan pembelajaran yang berbasis web bisa menciptakan lingkungan belajar yang benar-benar disukai oleh para siswa. Dengan begitu, para siswa tidak akan mengalami kesulitan dalam proses pembelajarannya hingga navigasi konten.

3. Relevansi

Relevansi sendiri diperoleh dari kemudahan dan ketepatan. Dengan begitu, setiap informasi yang ada pada web sangat penting dibuat begitu spesifik guna menghindari bias dan dapat meningkatkan pemahaman pembelajaran yang dilakukan. Menempatkan konten yang relevan pada konteks yang tepat di waktu yang tepat merupakan bentuk seni tersendiri. Nah, salah satu aplikasi sekolah berbasis web yang bisa dipilih adalah SIDIA (Sistem Edukasi Arfadia). Tahukah anda apa itu SIDIA? SIDIA merupakan salah satu inovasi yang dikembangkan dalam metode pembelajaran, yang dilakukan dengan cara praktis, cepat, dan sederhana yang tentunya dapat memudahkan para siswa untuk belajar, mencari buku elektronik, hingga menyimpan materi pembelajaran. 

Aplikasi SIDIA begitu powerful, sangat mudah untuk digunakan dalam monitoring kegiatan institusi secara online, serta sangat memungkinkan dalam memanage serta mengevaluasi secara cepat.Aplikasi SIDIA sudah banyak digunakan oleh berbagai pihak, mulai dari kalangan Kementerian, Lembaga Pemerintah, Swasta, BUMN, hingga Organisasi Nasional maupun Internasional. 

Berbagai fitur menarik yang ditawarkan oleh aplikasi yang satu ini adalah multi user, memiliki fitur controller level callbacks, editable, bisa berjalan sesuai dengan sistem operasi baik pada laptop maupun tablet, teknologi server client ready, account Log-in serta dilengkapi username dan password untuk masing-masing pengguna, home/halaman muka, hingga upload konten yang tidak terbatas. Untuk lebih jelasnya, anda bisa langsung membuka website http://www.sidia.id  untuk mengetahui lebih detail mengenai SIDIA yang merupakan aplikasi sekolah berbasis web.






 

Hubungi Kami





Untuk Informasi Harga dan Demo Produk, Silahkan Hubungi Kami.
PT. ARFADIA
Raudha Building 2st Floor.
JL. Kuningan Barat II No. 21, Mampang Prapatan.
Jakarta Selatan, 12710, Indonesia.
Phone :
  • +62215272455 /
  • 08118867897
E-mail : [email protected]
Website : www.sidia.id
www.software-pendidikan.id