0215272455 / 08118867897


Fungsi dan Manfaat Media Pendidikan

August 27 2018 9:01 am | View : 205

Manfaat media pendidikan

Fungsi dan Manfaat Media Pendidikan Ada banyak faktor yang menjadi penunjang kesuksesan pendidikan. Sekolah sebagai salah satu tempat implementasi sistem pendidikan di Indonesia, membutuhkan sumber daya hingga media pendidikan terbaik untuk mendukung kelancaran proses belajar. Jika selama ini sekolah-sekolah hanya fokus pada media pembelajaran, maka fungsi dan manfaat media pendidikan juga harus diketahui sehingga pemenuhannya dalam proporsi ideal dengan media pembelajaran. 

Apa itu media pendidikan? 

Ada banyak pengertian mengenai media pendidikan ini. Namun dari banyak pengertian tersebut mengerucut pada satu hal yang sama yakni kebutuhan media pendidikan dimaksudkan untuk menunjang proses pendidikan dalam hal ini di sekolah. Untuk membantu kelancaran pendidikan ini, maka sebuah media atau alat pendidikan diperlukan. Sehingga target pemahaman siswa dari bahan materi yang diajarkan di dalam kelas-kelas dapat tercapai. 

Hanya saja, selama ini media pendidikan dianggap sama saja dengan media pembelajaran. Hal ini berdampak pada pemenuhannya yang tidak ideal di sekolah. Saat media pembelajaran ini dipenuhi seratus persen, tidak demikian dengan media pendidikan. Padahal fungsi dan manfaat media pendidikan ini sama pentingnya dengan pengadaan media belajar itu sendiri. Akibatnya tentu saja terjadi ketimpangan sistem pendidikan di sekolah yang berdampak pada siswa, guru hingga kelancaran proses belajar itu sendiri. 

Fungsi media pendidikan 

Ada banyak pendapat mengenai fungsi dari media pendidikan ini. Beberapa ahli pendidikan menyatakan jika fungsi media pendidikan ini sebagai instrumen instruksi. Mengingat media pendidikan berisi informasi yang nantinya akan diserap oleh siswa dalam benaknya. Namun ada pula yang menyatakan jika fungsi media pendidikan ini sebagai penarik minat siswa mengingat bentuknya yang berisi gambar-gambar hingga data yang membuat siswa penasaran. Pada dasarnya media pendidikan dibuat dengan tiga fungsi utama.

Fungsi pertama sebagai motivator. Untuk memotivasi minat dan tindakan. Fungsi kedua adalah menyajikan informasi dan fungsi ketiga untuk memberi instruksi. Atas dasar ketiga fungsi inilah, penggunaan media pendidikan di sekolah bukan lagi sekedar anjuran melainkan kebutuhan. Sesuai dengan peraturan pendidikan yang mengharuskan sekolah-sekolah dilengkapi dengan media pendidikan. 

Manfaat media pendidikan 

Mengacu pada tiga fungsi utama dari media pendidikan, maka dapat diambil kesimpulan manfaat yang diberikan. Manfaat media pendidikan diantaranya membantu siswa untuk belajar lebih mudah, baik di sekolah atau di rumah. Media pendidikan juga bermanfaat untuk menarik perhatian siswa hingga memberikan pengalaman nyata yang tidak dapat dilakukan oleh fungsi dan manfaat media pembelajaran yang banyak digunakan. 

Lebih utama dari manfaat media pendidikan ini adalah memberikan pengalaman nyata yang tidak bisa didapatkan dari buku matapelajaran yang dimiliki siswa. Namun integrasi antara fungsi dan manfaat media pendidikan, menjadikannya tidak hanya dapat digunakan untuk siswa. Media pendidikan juga memberi guru berbagai macam kemudahan untuk menyampaikan materi dengan baik di depan siswa.

Media pembelajaran terbaik 

Mengingat fungsi dan manfaat media pendidikan yang mampu mendukung proses belajar di sekolah hingga rumah, maka mendapatkannya yang paling berkualitas adalah keharusan. Untuk itu jangan hanya harganya yang murah lantas tergoda dan langsung membelinya. Pastikan mengadakannya dari distributor terpercaya dan profesional seperti Arfadia. SIDIA atau sistem edukasi Arfadia merupakan sebuah software pendidikan yang berkualitas dan telah teruji.

Bahkan SIDIA telah banyak digunakan untuk mendukung proses belajar hingga operasional sekolah. SIDIA sebagai software pendidikan www.software-pendidikan.id






 

Hubungi Kami





Untuk Informasi Harga dan Demo Produk, Silahkan Hubungi Kami.
PT. ARFADIA
Raudha Building 2st Floor.
JL. Kuningan Barat II No. 21, Mampang Prapatan.
Jakarta Selatan, 12710, Indonesia.
Phone :
  • +62215272455 /
  • 08118867897
E-mail : [email protected]
Website : www.sidia.id
www.software-pendidikan.id