0215272455 / 08118867897


Pentingnya Pengadaan Sarana Multimedia Bagi Proses Pembelajaran di Sekolah

October 19 2018 9:25 am | View : 260

Perkembangan teknologi yang makin maju dan makin terjangkau oleh hampir seluruh lapisan masyarakat memberikan tantangan baru bagi dunia pendidikan Indonesia. Anak-anak kini sudah lebih melek dengan teknologi di mana anak usia Sekolah Dasar kini pada umumnya sudah bisa mengoperasikan komputer atau setidaknya menggunakan smartphone. Tentunya sebagai lembaga pendidikan yang formal dan menjadi bagian yang sangat besar dalam kehidupan anak-anak, sekolah memiliki kewajiban untuk memberikan bimbingan kepada siswa-siswanya bagaimana cara menggunakan sarana teknologi yang baik dan benar karena jika digunakan dengan cara yang salah, bukannya membuat hidup jadi lebih mudah namun teknologi bisa berdampak buruk pada kehidupan anak-anak.

Dengan makin familiarnya anak-anak dengan perangkat teknologi dalam kehidupan hariannya, seharusnya menggunakan sarana teknologi di lingkungan sekolah juga bukan hal yang asing lagi bagi siswa, terutama sarana multimedia. Dengan memanfaatkan sarana multimedia dalam kegiatan belajar di sekolah, tidak hanya suasana belajar jadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan namun sekolah juga mendorong siswa-siswanya untuk mengejar ketertinggalan akan ilmu pengetahuan dan teknologi baik secara nasional maupun di kalangan internasional. Mari pahami lebih jauh peran sarana multimedia berbasis teknologi bagi proses belajar dan mengajar di sekolah.

Tantangan dan hambatan dalam pengadaan sarana multimedia di sekolah

Pengadaan sarana multimedia berbasis teknologi memiliki tantangan tertentu. Hal ini akan sangat terasa di sekolah-sekolah daerah dengan segala macam keterbatasannya. Beberapa tantangan dan juga hambatan dalam pengadaan sarana multimedia yang umum terjadi di lingkungan sekolah adalah sebagai berikut:

1. Biaya yang mahal

Faktor biaya tidak bisa dipungkiri menjadi hambatan yang paling besar karena untuk mengadakan sarana dan prasarana untuk fasilitas multimedia di sekolah memang tidak murah. Tidak heran bila saat ini fasilitas multimedia yang digunakan untuk pembelajaran di sekolah hanya dimiliki oleh sekolah tertentu saja.

2. SDM yang belum terlatih

Hambatan yang kedua adalah hanya masih banyak guru yang belum memiliki keahlian dalam menggunakan sarana teknologi seperti misalnya komputer, proyektor, mengunggah atau mengunduh data ke dan dari website, dan sebagainya.

3. Sarana dan prasarana pendukung lainnya

Ketika ingin memiliki lab komputer misalnya, tentunya sekolah tidak hanya menyediakan unit-unit komputer sesuai dengan jumlah siswa per kelas saja, namun juga ruang kelasnya, instalasi kabel, instalasi jaringan internet, meja dan bangku, dan lain sebagainya. Biaya-biaya lain yang harus dikeluarkan sekolah untuk mengadakan sarana dan prasarana pendukung inilah yang menjadi hambatan dalam pengadaan sarana multimedia di lingkungan sekolah.

Peran penting pengadaan sarana multimedia menebus hambatan yang ada

Pembelajaran dengan menggunakan sarana multimedia merupakan kegiatan belajar dan mengajar di mana penyampaian materi kepada siswa guru menggunakan atau menerapkan beberapa macam alat  atau perangkat lain selain papan tulis sebagai media pembelajaran. Perangkat multimedia berbasis teknologi yang bisa digunakan misalnya laptop atau komputer, proyektor, layar proyektor, instalasi jaringan internet, speaker, dan berbagai macam perangkat audio maupun visual lain yang bisa digunakan sebagai media belajar.

Tantangan dan hambatan dalam pengadaan sarana multimedia dalam kegiatan pembelajaran di sekolah merupakan sisi kontranya, sementara dari sisi pro ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan baik untuk siswa sendiri, bagi tenaga pengajar, bagi sekolah, hingga untuk peningkatan pendidikan secara umum di Indonesia. Jika dibandingkan dengan kontranya, semestinya pro pengadaan sarana multimedia lebih unggul karena bisa memberikan manfaat yang besar seperti di bawah ini.

1. Metode pembelajaran yang lebih bervariasi

Anak-anak belajar dengan banyak cara, ada yang lebih paham ketika diterangkan dengan cara verbal, ada yang lebih mudah belajar jika disertai dengan penjelasan gambar atau visual, ada juga yang lebih bisa memahami konten dalam teks, atau gabungan dari ketiganya. Maka sudah selayaknya guru di sekolah memberikan variasi cara mengajar yang berbeda-beda agar semua siswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk lebih paham dengan materi yang diberikan. Dengan sarana multimedia, siswa tidak hanya fokus pada ceramah guru namun guru juga bisa menampilkan gambar, grafik, video, yang berhubungan dengan materi, siswa juga bisa dengan mudah mengunduh data materi untuk dipelajari di rumah, belajar dengan menggunakan sarana yang variatif tidak hanya sekedar alat tulis, meja, dan bangku, juga akan memberikan suasana belajar yang lebih seru, interaktif, serta tidak membosankan. Siswa yang fokus dan tidak bosan tentunya adalah salah satu kunci materi yang diberikan oleh guru bisa diserap dengan lebih baik.

2. Guru bisa lebih update tentang penggunaan teknologi

Guru memiliki peran sebagai pengajar dan pendidik ketika anak berada di lingkungan sekolah. Maka sudah sepantasnya seorang guru memiliki keterampilan yang update dan sesuai dengan perkembangan jaman. Apabila seorang guru tidak memiliki keterampilan teknologi yang esensial dalam jaman modern saat ini bagaimana guru bisa menjadi pengawas bagi siswa-siswanya yang lebih fasih dalam menggunakan komputer, mengulik website, dan sebagainya. Anak-anak yang masih dipenuhi dengan rasa ingin tahu dan impulsif rawan terjebak dalam sisi negatif penggunaan teknologi, oleh karena itu peran guru yang up-to-date dalam hal penggunaan teknologi bisa menjadi filter sebelum ada siswa yang terjerumus.

3. Mengenalkan perangkat teknologi kepada para siswa

Penggunaan sarana multimedia pada kegiatan pembelajaran siswa di sekolah tidak hanya berkaitan dengan cara penyampaian materi yang lebih variatif saja. Siswa juga bisa lebih familiar dengan berbagai macam perangkat yang digunakan untuk pembelajaran multimedia. Sehingga siswa memiliki pengetahuan mengenai nama, fungsi, dan juga cara penggunaannya dari perangkat keras atau lunak yang dimiliki. Keahlian teknologi ini kini sudah menjadi kualifikasi dasar di dunia profesional di mana SDM diharapkan sudah memiliki keahlian tersebut untuk terjun dalam dunia masyarakat sosial. Jadi penting bagi sekolah sebagai lembaga pendidikan formal untuk juga memberikan pendidikan mengenai soft skill maupun hard skill yang nantinya akan dibutuhkan anak di masa depannya.

4. Guru bisa mengajar sambil bersenang-senang

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh guru dengan memanfaatkan sarana multimedia di dalam kelas. Guru bisa bebas berkreasi dalam menyampaikan materi misalnya dengan menampilkan video-video simulasi, memberikan kuis dengan media digital, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan sarana multimedia pun guru bisa memberikan bimbingan tambahan kepada para siswa yang berhalangan hadir di kelas misalnya dengan membuat grup percakapan antara guru dengan murid, atau mengajar secara online melalui video conference sehingga meski tidak bisa hadir di kelas, siswa tidak akan ketinggalan materi yang diajarkan di kelas.

5. Motivasi siswa untuk belajar makin meningkat

Dengan cara belajar yang lebih bervariasi dan tidak kaku, siswa jadi lebih bersemangat untuk belajar. Pada dasarnya anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar dan dengan stimulasi yang tepat, mereka akan berinisiatif sendiri mencari ilmu dan tidak hanya tergantung pada ceramah dari guru. Mengajar di kelas yang antusias dan interaktif tentunya juga menjadi kenyamanan sendiri bagi pengajar di mana pengajar tidak harus menghabiskan jam pelajaran dengan bicara tanpa henti di depan kelas. Dengan adanya sarana multimedia, beban bicara guru bisa lebih terbantu dengan adanya sarana-sarana  pembantu berbasis teknologi.

Solusi menghadapi tantangan penggunaan sarana multimedia untuk pembelajaran di kelas

SIDIA menyediakan solusi bagi tantangan perkembangan jaman di dunia teknologi terutama dalam  hal pengadaan sarana multimedia. Kami menawarkan paket multimedia berbasis aplikasi yang bisa memaksimalkan fungsi dan manfaat sarana multimedia dalam pembelajaran di sekolah terutama untuk tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Program sarana multimedia berbasis aplikasi  yang kami tawarkan meliputi:

1. Aplikasi yang responsif

Aplikasi SIDIA bisa diakses oleh siswa dan juga tenaga pengajar di sekolah dengan menggunakan berbagai macam perangkat dengan berbagai macam ukuran layar. Pengguna bisa menggunakan SIDIA melalui komputer, laptop, tablet, dan juga smartphone sehingga bisa dengan mudah dibuka di mana saja dan kapan saja. Selain itu aplikasi SIDIA juga bisa dijalankan di sistem operasi yang umum digunakan yaitu Windows, Linux, dan juga Mac.

2. Materi yang tersedia sesuai dengan kurikulum

Di dalam aplikasi SIDIA terdapat materi pembelajaran yang isinya merupakan bahan mata pelajaran sekolah disusun berdasarkan dengan kurikulum yang berlaku saat ini, yaitu kurikulum 2006 (KTSP) dan kurikulum 2013 (K13). Paket media yang kami sediakan sudah menyertakan bahan materi yang bisa diunduh dan dipelajari oleh siswa langsung dengan menggunakan aplikasi. Guru juga bisa menambahkan materi yang sudah ada jika dibutuhkan.

3. Fitur-fitur  yang mendukung kegiatan belajar mengajar lebih efisien dan efektif

Beberapa fitur yang membuat aplikasi SIDIA menjadi lebih unggul antara lain adalah guru bisa membuat RPP dan silabus dengan menggunakan aplikasi ini, jumlah konten yang diunggah tanpa batas sehingga guru bisa sepuasnya mengunggah materi-materi yang dinilai bisa mendukung bahan materi utama, guru bisa memberikan soal-soal yang harus dikerjakan oleh siswa yang dilengkapi dengan pengaturan waktu pengerjaan soal, batas waktu pengerjaan kuis, pengguna bisa melihat jadwal pelajaran dan guru di bagian menu Pelajaran, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

4. Fasilitas training untuk guru

Pelatihan yang diberikan kepada tenaga pengajar adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang tentunya bisa menjawab tantangan dari perkembangan jaman, termasuk dalam dunia pendidikan. Agar bisa mahir menggunakan berbagai macam sarana multimedia yang diadakan di sekolah, maka para tenaga pengajar sebaiknya diberikan pelatihan baik teori maupun praktek langsung. Pelatihan diberikan oleh penyedia fasilitas sarana multimedia yang memiliki pemahaman komprehensif tentang spesifikasi fasilitas, fungsi, dan cara penggunaannya. Selain pelatihan, tenaga pengajar juga diberikan buku manual yang berisi mengenai petunjuk penggunaan sehingga yang terlibat langsung dengan sarana multimedia bisa menggunakan perangkat sebagaimana mestinya.

SIDIA akan menyediakan fasilitas training atau pelatihan bagi guru di sekolah yang menggunakan sistem aplikasi kami. Training akan diadakan selama dua hari sekaligus dilakukan instalasi perangkat lunak atau software pada laptop yang akan digunakan sehingga pengguna bisa langsung menggunakan SIDIA dan praktek langsung selama masa training. Kami juga menyediakan buku petunjuk manual serta dukungan update system  dengan mengontak langsung ke www.sidia.id (Pengadaan Sarana Multimedia).

Dengan adanya solusi dari SIDIA, tantangan dan hambatan yang membuat sekolah ragu untuk mengadakan sarana multimedia di sekolah dalam pembelajaran di kelas tentunya bisa lebih yakin untuk mengadakan fasilitas ini bagi siswa dan siswinya.

Daftar Barang untuk Pengadaan Paket Laboratorium Komputer Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah

NO. SPESIFIKASI JUMLAH SATUAN
1 LAPTOP DELL Inspiron 14 3467 (Core i3-6006U) berikut Perangkat Lunak (Software) sistem operasi, aplikasi perkantoran, dan aplikasi pendidikan yang terinstal (preloaded) dalam laptop. 
a. Prosessor
  Intel Core i3-6006U
b. Memory
  Minimal 4GB DDR4
c. Hard Drive
  1 TB HDD
d. Networking
  Integrated Wi-Fi, Bluetooth, Gigabit Ethernet 10/100/1000 Mbps
e. Graphic
  VGA Intel HD Graphics 520
f. Web Camera
  Integrate Camera
g. Audio Port
  Built-in-Mic / Headphone out
h. Audio
  Integrated
i. I/O Port
  USB Port 3.0, USB 2.0, Media Card Reader
j. Monitor
  Minimal 14 “ HD 1366 x 768 resolution display
k. Battery
  Minimal 3cell Li-ion battery
l. Sistem Operasi
  Windows 10 Home
m. Software Aplikasi
  Aplikasi perkantoran (legal) yang memiliki paket lengkap dengan pemroses kata-kata (wordprocessor), pengolah data/lembar kerja (spreadsheet), presentasi, publikasi, Notes dan tools yang membantu guru dalam membuat video menggunakan presentasi.
n. Anti Virus
   
o. Tas
  included
p. Garansi
  Minimal 1 tahun terhitung tanggal barang diterima (BAST) dan dapat dibuktikan di situs web resmi pabrikan atau principal. Garansi termasuk sparepart dan service (part dan labor) disertai dengan kartu garansi dan Surat Pernyataan Asli dan Garansi dari Prinsipal.
4 Unit
2 SERVER
Server HP Proliant ML10 Gen9 E3-1225 v5 16GB 1TB 845678-375
1 Unit
3 PROYEKTOR
a. Resolusi                                                          
  WXGA (1200x800)                                                                              
b. Teknologi
  RGB liquid crystal shutter projection system technology
c. Brightness
  3600 Lumens
d. Contrast Ratio
  15000:1
e. Garansi
  1 tahun part dan service dari Distributor Resmi/ Prinsipal                                                                                                                                                                              
2 Unit
3 LAYAR PROYEKTOR
a. Model
  Layar Proyektor denga tripod/Wall                   
b. Dimensi
  (84”)213x213 cm
c. Rasio
  1 : 1
d. Garansi
  1 tahun dari Distributor Resmi/ Prinsipal                                                                                                                                                                              
2 Unit
5 LAN Card Wireless 1 Unit
6 Access Point dan Router 2 Unit
7 Switch (24 Fast Ethernet 10/100Mbps) 1 Unit
8 UPS 3KVA 1 Unit
9 Monitor Control Server LED 14" 1 Unit
10 AC (Air Conditioner) Split 1 PK 1 Unit
11 Stabilizer 3KVA 1 Unit
12 KABEL LAN Cat 6 1 Unit
13 Fitur E-Voucher, website dan aplikasi mobile Kabupaten
a. Kartu Pintar, 500 lembar per sekolah
b. 2 Akun untuk kepala daerah di website dan aplikasi mobile e-voucher sebagai media komunikasi antara kepala daerah dengan siswa dan orang tua siswa
c. 500 akun (berdasarkan jumlah e-voucher / kartu pintar) untuk siswa / guru mengakses website dan aplikasi mobile e-voucher untuk mengakses dan sebagai media komunikasi antara siswa / guru dengan kepala daerah
d. Mengakses secara online software/e-content kapanpun dan dimanapun yang berisi : Materi Belajar dan E-Book (default).
500 Pengguna (Kartu)
14 PERANGKAT LUNAK SOFTWARE/E-CONTENT
a. Perangkat lunak produksi tahun berjalan, yang dibuktikan dari tahun produksi yang muncul ditampilan perangkat lunak tersebut yang sudah terinstal di dalam Laptop (preloaded) dan tampilan didukung desain responsive yang bisa diakses melalui Laptop, Tablet, dan Smartphone
b. Aplikasi dapat berjalan sesuai dengan sistem operasi yang terdapat pada laptop atau tablet, contoh : Windows, Mac, dan Linux.
c. Aplikasi menggunakan teknologi server – client readyhanya dipasang di server, client dapat menjalankan program dari perangkat masing-masing (jika ada pengembangan dari sekolah)
d. Pengguna maksimal 500 pengguna per sekolah
e. Fitur controller level callbacks (before and after filter and before render)
f. Account Log-in dan dilengkapi dengan username dan password masing-masing pengguna.
g. Upload konten tidak terbatas (dapat menampung ribuan bahkan puluhan ribu konten) dan Konten bersifat editable(dapat ditambah atau diperbarui )
h. Website produk dan merek, Website produk sudah resmi dan telah berjalan dalam jangka waktu yang cukup lama yang dapat dinyatakan dalam capture-capture.
i. Semua Mata Pelajaran, Fitur Manajemen Perpustakaan dan Fitur-Fitur lainnya terintegrasi dalam 1 aplikasi dan 1 CD (tidak terpisah-pisah)
j. Administrasi Pelajaran
  Memuat informasi mengenai jadual pelajaran yang lengkap dengan nama guru, pelajaran, jam/hari, dan jumlah murid.
  Fitur pembuatan RPP dan Silabus
k. Fitur Soal / Kuis
  Berfungsi untuk menyimpan dan menata soal-soal serta bisa ditambah/diubah oleh guru.
  Pengaturan waktu pengerjaan soal
  Pengaturan tanggal pengerjaan kuis
  Random soal berguna untuk membedakan soal antar siswa yang mengerjakan
  Hasil kuis dapat dicetak untuk dibagikan ke siswa dan orang tua siswa                                                                                                                                                                         
l. Materi Pembelajaran
  Materi yang disediakan sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2006 (KTSP) dan kurikulum 2013 (K13). Agar murid tidak jenuh dilengkapi juga dengan animasi dan suara sebagai penunjang proses pembelajaran murid.
  Materi yang tersedia disiapkan oleh guru-guru yang bersertifikasi. Materi juga dapat ditambah atau diubah oleh Guru.
m. Materi Video
Materi pembelajaran berupa video agar murid dapat lebih mengerti dan memperoleh visualisasi dari setiap materi yang diajarkan. Fitur dapat berfungsi menyimpan, menata, dan mengundung video sesuai dengan keinginan pengguna.
n. Modul E-Book
  Berfungsi untuk menyimpan dan menata software E-Book serta bisa diunduh secara gratis dalam berbagai bentuk file.
  Dapat dan mudah diubah sesuai dengan keinginan pengguna dalam menyimpan E-Book.
  Buku Sekolah Elektronik SD (IV – VI) dan SMP (VII - IX) yang disediakan oleh Direktorat Pembinaan SD dan SMP
o. Manajemen Perpustakaan
  Aplikasi yang mudah dikembangkan untuk mendukung manajemen perpustakaan.
  Dilengkapi dengan fitur perencanaan administrasi pengadaan buku baru.
  Pengklasifikasian dokumen secara dinamis
  Master klasifikasi dokumen yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap sekolah
  Memiliki setting akses dengan klasifikasi administrator, petugas perpustakaan, pimpinan, tamu dan anggota tiap jenis pemakai memiliki akses yang berbeda menu-menunya
  System yang mendukung barkode dan dapat mencetak sendiri kode barkode untuk buku
  Dilengkapi fitur atribut dokumen muali abstaksi buku, lokasi buku, dll yang dapat ditambahkan secara dinamis pada setiap dokumen
  Dilengkapi dengan fitur untuk memberikan informasi jumlah koleksi dokumen yang beredar diluar
  Dilengkapi juga aplikasi yang dapat mencetak kartu anggota perpustakaan siswa
  Dilengkapi dengan fitur untuk memberikan laporan buku favorit, buku jatuh tempo, status
  Memiliki fasilitas authoring tools, dengan fitur antara lain :
- Sebagai alat bantu bagi guru untuk membuat buku sekolah elektronik berbasis multimedia;
- Secara terintegrasi dapat menampung teks, gambar, audio, video, animasi, tabel, integratif diagram, shapes, button, checkbox, image gallery dan animasi;
- Fitur pratinjau yang dapat digunakan sebagai perangkat presentasi;
- Memiliki koleksi clip-art;
- Fitur penambahan halaman yang tidak terbatas.
4 Unit






 

Hubungi Kami





Untuk Informasi Harga dan Demo Produk, Silahkan Hubungi Kami.
PT. ARFADIA
Raudha Building 2st Floor.
JL. Kuningan Barat II No. 21, Mampang Prapatan.
Jakarta Selatan, 12710, Indonesia.
Phone :
  • +62215272455 /
  • 08118867897
E-mail : [email protected]
Website : www.sidia.id
www.software-pendidikan.id