0215272455 / 08118867897


Pengadaan Media Pembelajaran Yang Sangat Diharapkan Di Indonesia

October 18 2018 10:09 am | View : 288

Pengadaan media pembelajaran di Indonesia saat ini sangat berperan penting sebagai salah satu komponen pada Kegiatan Belajar Mengajar atau KBM. Para guru dan fasilitator harus bisa memanfaatkan dengan baik media pembelajaran dalam setiap kegiatan pembelajaran. Agar para pengajar dan fasilitator menggunakannya media pembelajaran dengan efektif, diharuskan bagi pengajar untuk mempelajari cara menetapkan kegiatan belajar mengajar yang tepat.

Dalam kenyataan kegiatan mengajar, media pembelajaran masih terabaikan karena beberapa alasan dan kekurangan. Hal yang paling sering ditemui adalah sulitnya mendapatkan media yang tepat dan juga keterbatasan dana. Padahal, kesulitan tersebut bisa teratasi jika pihak pengajar dan fasilitator memiliki kemampuan dan pengetahuan mengenai media pembelajaran. Sehingga, kegiatan belajar mengajar antar guru dengan murid bisa berjalan dengan lancar.

Di zaman teknologi maju saat ini, sekolah mulai mengadakan pembelajaran sesuai dengan perkembangan teknologi yaitu, menggunakan teknologi informasi yang mendukung kegiatan belajar mengajar. Sudah banyak media pembelajaran dari teknologi informasi yang dapat dengan mudah ditemukan dan digunakan. Salah satunya penggunaan jaringan internet untuk menggali banyak ilmu pengetahuan tanpa batasan dimensi ruang.

Selain internet, banyaknya perusahaan teknologi berbasis pendidikan mulai berlomba-lomba menyediakan media pembelajaran. Salah satunya adalah SIDIA. Apa itu SIDIA? SIDIA merupakan singkatan dari Sistem Edukasi Arfadia yang berpusat di Jalan Kuningan Barat II Nomor 21, Mampang Prapatan, Raudha Building 1st Floor, Jakarta Selatan. Perusahaan software dari Jakarta ini mengembangkan sebuah software media pendidikan pembelajaran mulai dari SD, SMP, dan SMA.

Tujuan dibentuknya SIDIA adalah memberikan kemudahan kepada pihak pengajar dan murid dalam proses pembelajaran dengan menggunakan konsep edukatif dan interaktif.

Mengenal Lebih Dekat SIDIA

Salah satu inovasi metode pembelajaran yang sedang booming saat ini di Indonesia adalah software bernama SIDIA. Software dari PT. Arfadia ini memiliki metode yang dapat memberikan kemudahan dari sisi mengajar bagi pengajar maupun belajar bagi para murid. Bagi pengajar, pengadaan media pembelajaran dari SIDIA ini memudahkan pengajar untuk menyimpan, menata, mengedit, dan mengatur soal-soal yang dibagikan ke dalam sistem.

Sedangkan, bagi para murid SIDIA memberikan fitur yang sangat bermanfaat dalam belajar. Murid bisa mencari dan menyimpan buku elektronik materi pembelajaran. Software SIDIA ini bisa diakses oleh siapa saja sesuai dengan fungsi dari usernya. Banyaknya keunggulan yang diberikan oleh SIDIA, membuat software ini mulai banyak digunakan oleh beberapa sekolah yang sudah menerapkan media pembelajaran ini.

Fitur Di Dalam Software SIDIA

Sistem Edukasi dari PT. Arfadia ini banyak memberikan fitur untuk memudahkan para penggunanya. Masing-masing user mendapatkan fitur yang hampir berbeda, akan tetapi, memiliki tujuan yang sama dalam memberikan kemudahan para pengguna. Fitur-fitur dalam SIDIA diantaranya:

  • Sistem Edukasi Arfadia bisa diakses oleh banyak pengguna atau user tidak terbatas. Dalam mengakses software ini ada kategori user sesuai dengan tujuan penggunaan.
  • Para pengguna memiliki akun login berupa username dan password yang masing-masing berbeda.
  • SIDIA merupakan software yang editabel. Yaitu, para pengguna bisa menambah dan memperbaharui konten yang ada di dalam sistem. Seperti, guru yang bisa menambahkan naskah soal untuk murid pelajari dan memperbaharui video yang sebelumnya telah diupload, namun, ingin memperbaikinya.
  • Software ini bisa menyesuaikan dengan sistem operasi yang telah digunakan pada komputer atau laptop.
  • Salah satu fitur yang menjadi favorit adalah tidak ada batasan dalam mengupload konten. Software ini mampu menampung banyak konten hingga puluhan ribu. Itu artinya, para pengajar dan murid bisa dengan bebas dan bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang sangat lama.
  • Software yang berteknologi server client ready. Maksudnya, software yang hanya diinstal pada server saja, namun, semua client bisa menjalankan program SIDIA pada masing-masing perangkat elektronik.
  • Setiap user atau akun memiliki tampilan muka sesuai dengan kebutuhan.

Fitur-fitur tersebut sangat memberikan kemudahan bagi semua pengguna software SIDIA. Selain bisa menambah, memperbaharui, dan mengupload konten pada SIDIA, pengguna juga bisa mendownload konten-konten yang disediakan dalam berbagai tipe file. Pengguna juga bisa menghapus konten yang mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan.

Alat Pembelajaran dan Pendidikan SIDIA

Selain menyediakan tempat untuk mengupload konten pembelajaran bagi para murid, SIDIA juga memiliki alat-alat pembelajaran lain yang tidak kalah efektif dan edukatif. Jika sebelumnya SIDIA lebih dikenal sebagai e-learning atau bahan pembelajaran yang dapat disimpan dengan mudah di dalam komputer atau laptop sehingga dapat diakses oleh para pengguna kapan saja maka, SIDIA juga menyediakan e-library dan juga e-book.

E-library pada SIDIA merupakan wadah koleksi buku-buku elektronik pada software. Ada berbagai macam informasi dan buku pembelajaran yang bisa didapatkan oleh para pengguna melalui perangkat digital SIDIA. Selain e-library, ada juga e-book. E-book sendiri merupakan buku pembelajaran dalam versi digital yang hanya bisa dibuka menggunakan perangkat elektronik. Di dalam e-book, ada gambar dan juga teks berupa digital.

Buku-buku elektronik yang terdapat dalam e-library bisa dicetak seperti layaknya buku biasa dan dilengkapi dengan abstraksi buku serta kode ISBN buku. Sehingga, e-library ini hampir serupa dengan fungsi perpustakaan dalam kehidupan nyata. Ada juga aplikasi cetak kartu anggota perpustakaan siswa yang disediakan oleh SIDIA. E-library ini benar-benar membantu dalam memanajemen perpustakaan.

Dalam segi pendidikan, alat yang disediakan oleh SIDIA dapat membantu para pengajar membuat buku elektronik untuk bahan pengajaran dengan berbasis multimedia. Para pengajar bisa mengintegrasikan teks dengan beberapa gambar, video, audio, animasi, textbox, shapes, diagram, dan bahan multimedia lainnya.

Aplikasi Media Pembelajaran Terbaik

Semakin majunya perkembangan teknologi, semakin menuntut Anda untuk terus bergerak inovatif. Bukan hanya dalam kehidupan sehari-hari saja, namun juga, dalam belajar dan bekerja. Oleh karena itu, ketika para pengusaha yang bergerak di bidang teknologi mulai mengeluarkan inovasi yang mendukung kemajuan dalam berbagai bidang, peran aktif masyarakat Indonesia untuk menggunakannya sangat diperlukan.

Adanya software SIDIA ini merupakan suatu metode pembelajaran dan pengajaran yang dapat menunjang keberhasilan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sangat diharapkan sekolah-sekolah di Indonesia mulai mempertimbangkan kegunaan dari software SIDIA ini. Dengan banyak bermunculan software pendidikan seperti SIDIA, para murid memiliki banyak metode pembelajaran yang dapat mengarahkannya sesuai dengan kemampuan dalam memahami pelajaran.

Tidak hanya itu, para pengajar juga memiliki kesempatan untuk mengubah metode pengajaran yang sebelumnya kurang efektif menjadi lebih terampil dan inovatif dalam mengajar para murid. Melalui software SIDIA ini, para murid dan pengajar bisa belajar dan mengajar tidak hanya di sekolah saja. Kegiatan belajar mengajar menggunakan SIDIA tidak dibatasi oleh ruang dan waktu dengan modul yang sesuai kurikulum berlaku.

SIDIA, salah satu software pengadaan media pembelajaran yang sudah teruji keberhasilannya.






 

Hubungi Kami





Untuk Informasi Harga dan Demo Produk, Silahkan Hubungi Kami.
PT. ARFADIA
Raudha Building 2st Floor.
JL. Kuningan Barat II No. 21, Mampang Prapatan.
Jakarta Selatan, 12710, Indonesia.
Phone :
  • +62215272455 /
  • 08118867897
E-mail : [email protected]
Website : www.sidia.id
www.software-pendidikan.id