0215272455 / 08118867897


Manfaat Pengadaan Media Pendidikan Online SIDIA

October 15 2018 4:19 pm | View : 235

Manfaat Pengadaan Media Pendidikan Online

Pengadaan media pendidikan online SIDIA menawarkan kemudahan proses pembelajaran melalui konsep yang edukatif dan interaktif bagi para siswa maupun guru. Berbicara tentang media, pada hakikatnya ialah salah satu dari komponen sistem pembelajaran. Media sebagai komponen ini sebaiknya merupakan bagian yang harus menyesuaikan proses pembelajaran dengan menyeluruh, sekaligus sebagai bagian integral. Adapun akhir pemilihan media ini ialah pemakaian media tersebut lewat kegiatan pembelajaran, dengan begitu memungkinkan para siswa bisa berinteraksi dengan aplikasi atau media yang dipilih.

Apa Itu Media Pendidikan?

Pengertian media pendidikan menurut definitif sendiri, para ahli telah memberi rumusan berbeda, dimana masing-masing mempunyai orientasi dan wawasan yang berlainan, meskipun demikian pada prinsipnya terdapat kesamaan pengertian secara mendasar. Selain itu, bisa diambil kesimpulan jika media pengajaran atau media pendidikan sebagai sesuatu yang bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan informasi dan pesan dari pihak pengirim ke pihak penerima untuk merangsang perasaan, pemikiran, kemauan dan perhatian siswa, dengan begitu bisa mendorong adanya proses belajar.Pengadaan media pendidikan sebagai pembawa pesan ini hanya dipakai oleh guru, namun yang paling penting bisa juga digunakan oleh para siswa.Adapun pengertian media pendidikan itu sendiri, berdasarkan pendapat para ahli ialah sebagai berikut 

1. National Education Associaton (1969)
Menjelaskan bahwa media pendidikan sebagai sarana komunikasi baik, berbentuk pandang dengar ataupun cetak, mencakup teknologi perangkat keras atau hardware.

2. Briggs (1977)
Menurut Briggs media pendidikan ialah sebagai sarana fisik dalam menyampaikan materi atau isi pembelajaran, seperti film, buku, video, maupun yang lainnya

3. Schramm
Menurut Schramm, media pendidikan merupakan teknologi pembawa informasi/pesan yang bisa dipergunakan untuk kebutuhan pembelajaran

4. Oemar Hamalik (1980)
Menurut Oemar Hamalik, media pendidikan secara definisi merupakan metode, teknik, dan alat yang dimanfaatkan dalam rangka untuk mengefektifkan interaksi dan komunikasi antara guru dengan siswa untuk proses pembelajaran dan pendidikan di sekolah

5. Latuheru (1988)
Menurut Latuheru, menjelaskan bahwa media pendidikan ialah alat, teknik, atau bahan yang dimanfaatkan dalam aktivitas belajar mengajar yang bertujuan supaya proses interaksi dan komunikasi edukasi yang terjadi antara siswa dan guru bisa berlangsung dengan tepat guna.

Apa Saja Tujuan Media Pendidikan?

Adapun tujuan pengadaan media pendidikan sebagai alat bantu proses pembelajaran, ialah sebagai berikut :

  • Dapat meningkatkan proses pembelajaran secara efisien
  • Memudahkan proses pembelajaran selama di kelas
  • Menjaga relevansi yang terjadi antara tujuan belajar dengan materi pembelajaran
  • Meningkatkan konsentrasi pembelajar saat berlangsungnya proses pembelajaran
Manfaat Media Pembelajaran
  • Manfaat dari media pendidikan sebagai alat untuk membantu proses pembelajaran, ialah sebagai berikut :
  • Membuat pengajaran lebih memikat perhatian pembelajar, karenanya bisa menumbuhkan motivasi pembelajaran.
  • Bahan materi maknanya lebih jelas, karenanya bisa lebih dipahami oleh pembelajar, dan memungkinkan pihak pembelajar untuk menguasai tujuan proses pengajaran dengan maksimal.
  • Metode pembelajaran lebih bervariasi, tak semata-mata memanfaatkan komunikasi verbal lewat penuturan kata-kata dari lisan pengajar, pengajar tak kehabisan tenaga, dan pembelajar tidak merasa bosan.
  • Pembelajar bisa lebih banyak melakukan aktivitas belajar, sebab tak hanya mendengarkan penuturan dan penjelasan dari pihak pengajar saja, melainkan juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti mendemonstrasikan, melakukan, mengamati dan lain sebagainya.
Kehadiran Aplikasi Berbasis E-Learning SIDIA

SIDIA SD merupakan sistem perangkat lunak atau e-content media pendidikan sekaligus manajemen perpustakaan TIK DAK SD 2016 untuk memberikan kemudahan pada proses pembelajaran melalui konsep yang edukatif dan interaktif bagi para siswa dan guru. SIDIA sendiri merupakan inovasi terbaru dalam sistem pembelajaran melalui cara yang praktis, cepat, dan sederhana bisa mempermudah para siswa untuk belajar, menyimpan materi pembelajaran, dan mendapatkan e-book yang dibutuhkan. 

Aplikasi edukasi berbasis online ini memperkuat sistem belajar lewat pengembangan teknologi pendidikan dan pengayaan konten.Aplikasi SIDIA ini mempunyai nilai lebih untuk menunjang materi lengkap, berbentuk video dan multimedia interaktif pembelajaran yang berdasarkan kurikulum jenjang pendidikan SD atau SLB. SIDIA sangat mudah diterapkan baik oleh siswa, guru, dan administrasi sekolah atau perpustakaan. Aplikasi ini bisa mengubah, menambah, dan menghapus buku, multimedia, soal dan video.Pengadaan media pendidikan ini juga berperan untuk menata dan menyimpan software ebook dan dapat didownload lewat berbagai macam jenis file secara gratis, bisa diedit dengan mudah sesuai keinginan penggunanya.

SIDIA Mendukung Semua Perangkat Media

Tampilan pengguna SIDIA telah mendukung desain yang responsif, yang mana jika aplikasi SIDIA diakses lewat gadget, maka tampilan dapat menyesuaikan ukuran layarnya. Selain itu, aplikasi tersebut juga bisa berjalan berdasarkan sistem operasi yang tersedia pada tablet atau laptop. 

Aplikasi SIDIA memanfaatkan teknologi server – client.SIDIA SD memiliki aplikasi e-library yang dapat dikembangkan dengan mudah untuk menunjang manajemen perpustakaan,  yang dilengkapi oleh fitur pengklasifikasian dokumen, pengadaan buku-buku baru, master klarifikasi dokumen yang dapat menyesuaikan kebutuhan tiap sekolah,  pengaturan dokumen yang dapat mengeset profil setiap dokumen, seperti denda, bisa tidak, mempunyai setting akses melalui klasifikasi administrator, tamu, anggota tiap peminjam, petugas perpustakaan, tamu dan pimpinan, dengan akses menu yang berbeda-beda.

Pengadaan media pendidikan SIDIA ini juga telah dilengkapi oleh aplikasi yang bisa mencetak kartu member perpustakaan siswa. Dengan fitur-fitur yang ditujukan untuk pemberian laporan buku favorit, status, tempo, buku jatuh, dan menawarkan fasilitas authoring tools.

Fitur-Fitur Lainnya yang Terdapat Pada SIDIA

Fitur controller level callbacks

Multi user (dengan pengguna tak terbatas)

Account log in yang dilengkapi oleh username beserta password tiap-tiap pengguna.

Dalam tampilan menu pelajaran,terdapat informasi tentang jadwal pelajaran dilengkapi nama guru, jumlah murid, hari/jam, dan pelajaran.

Adapun fungsinya untuk menata dan menyimpan soal-soal, sekaligus dapat diubah atau ditambah oleh guru, terdapat pengaturan waktu untuk pengerjaan soal, pengaturan tanggal untuk pengerjaan kuis, kuis atau soal bisa diunduh untuk dibagikan sebagai media pembelajaran siswa, soal bisa dicetak dan dibagikan pada siswa, dan random soal bertujuan untuk membedakan soal dari tiap siswa yang mengerjakan.

Keterangan Tiap-Tiap Menu Pada SIDIA

Dalam menu materi pembelajaranSIDIA, materi yang tersedia sudah menyesuaikan kurikulum yang sudah berlaku. Supaya murid tak jenuh telah dilengkapi pula suara dan animasi sebagai penunjang pembelajaran siswa.

Dalam menu materi video, SIDIA telah dilengkapi oleh materi pembelajaran berbentuk video supaya murid bisa lebih memahami serta mendapatkan visualisasi pada tiap materi pelajaran yang telah diajarkan. Selain itu, fitur tersebut juga berguna untuk menata, mengunduh, dan menyimpan video berdasarkan keinginan pengguna.

Semua konten yang tersedia dalam program SIDIA sendiri bersifat editable, dimana semua konten bisa diperbarui atau ditambah, sehingga guru bisa mengedit atau menambahkan soal, menambahkan materi pembelajaran, dan input nilai. Upload konten tak terbatas.

Dengan pengadaan media pendidikan SIDIA, tentu saja bisa membantu kita semua untuk mendapatkan ilmu, pengetahuan dan wawasan di luar sekolah.






 

Hubungi Kami





Untuk Informasi Harga dan Demo Produk, Silahkan Hubungi Kami.
PT. ARFADIA
Raudha Building 2st Floor.
JL. Kuningan Barat II No. 21, Mampang Prapatan.
Jakarta Selatan, 12710, Indonesia.
Phone :
  • +62215272455 /
  • 08118867897
E-mail : [email protected]
Website : www.sidia.id
www.software-pendidikan.id