0215272455 / 08118867897


Media Edukasi

August 23 2018 9:18 am | View : 221

Media Edukasi

Perpustakaan digital atau e-library merupakan salah satu media edukasi yang sedang tren di bidang pendidikan. Keberadaan perpustakaan ini tidak terlepas dari penggunaan e-book atau buku elektronik yang semakin familier di tengah masyarakat.
Seperti halnya perpustakaan tradisional, e-library mengharuskan peminjam untuk mendaftar sebagai anggota terlebih dahulu. 

Sementara perbedaan di antara dua jenis perpustakaan tersebut cukup banyak. Sebut saja format buku yang dipinjam hingga sejumlah keunggulan yang mungkin tak akan dijumpai pada perpustakaan konvensional berikut ini

1. Multiple access
Akses ganda atau multiple access pada perpustakaan digital memudahkan para anggota untuk memakai informasi bersama-sama. Biasanya ada alat yang disediakan untuk menghubungkan satu informasi dengan informasi lainnya. Keberadaan fitur ini dinilai membantu anggota pada media edukasi anak yang baru mengenal konsep e-library.

2. Ruangan tak terbatas
Salah satu kendala yang kerap dihadapi perpustakaan tradisional adalah keterbatasan ruang yang membuat mereka sulit menyimpan koleksi yang kian bertambah. 
Lain ceritanya dengan perpustakaan digital yang mempunyai kapasitas atau daya tampung luas yang memungkinkan anggota menyimpan koleksi e-book mereka sebanyak mungkin

3. Koleksi tak akan rusak
Karena berbentuk digital, e-book atau buku elektronik pada dasarnya tak akan bisa disentuh selayaknya buku fisik. 
Di sisi lain, format tersebut memberikan kelebihan yang selama ini dicari para penimbun buku: tidak ada peluang kerusakan atau cacat seperti kertas sobek, berjamur, hingga dimakan rayap. Dengan kata lain, koleksi e-book di e-library tak akan berubah ‘bentuk’nya walau dipinjam berkali-kali.

4. Proteksi terhadap hak cipta
Keunggulan selanjutnya yang ditawarkan perpustakaan sebagai media edukasi adalah perlindungan terhadap hak cipta. 
Koleksi e-book yang dikumpulkan di perpustakaan digital sudah diproteksi sebagai tindak pencegahan plagiarisme atau pembajakan. Dengan begitu, pihak penulis maupun penerbit tidak akan mengalami kerugian besar

5. Genre yang lebih beragam
Daya tampung yang lebih besar memungkinkan perpustakaan digital untuk menyimpan lebih banyak buku dari berbagai genre maupun kategori. 
Keunggulan ini akan menguntungkan sejumlah pihak yang membutuhkan sumber informasi dalam waktu cepat. Tak terkecuali para pengajar yang selama ini kesulitan mencari referensi bahan ajar maupun anak-anak yang menginginkan buku-buku bergambar

6. Konten yang lebih interaktif
Sebagai media edukasi anake-library menampung buku-buku elektronik yang notabene interakfit, karena kontennya jauh lebih beragam. 
Jadi begitu dibuka, anak-anak dapat menikmati bacaan mereka dalam bentuk teks, gambar, audio, hingga multimedia. Poin tersebut secara tak langsung meningkatkan daya imajinasi sekaligus minat mereka untuk membaca

7. Bagian dari penelitian digital
Beberapa perpustakaan digital sudah menjadi bagian dari penelitian digital atau e-search. Biasanya riset ini dihubungkan dengan penyedia jasa yang dari portal perpustakaan. 
Jika terus dikembangkan, jenis studi tersebut akan menunjang dunia pendidikan, karena jurnal-jurnal ilmiah semakin mudah diakses dan ditelusuri secara cepat oleh anggota dari seluruh dunia.

E-library juga mengubah persepsi masyarakat luas terhadap perpustakaan yang selama ini dianggap sebagai tempat kutu buku atau kuno.
Kemajuan teknologi pun berperan penting dalam perkembangan e-library yang mengantarkan berbagai pengembang untuk menggunakannya sebagai salah satu layanan platform mereka.Hal ini tak luput dari perhatian SIDIA, penyedia e-content yang mengkhususkan diri mereka di bidang pendidikan.

Dalam platformnya, mereka menghadirkan koleksi e-book melimpah untuk para siswa untuk media edukasi maupun guru yang memerlukan buku-buku elektronik untuk mengajar.






 

Hubungi Kami





Untuk Informasi Harga dan Demo Produk, Silahkan Hubungi Kami.
PT. ARFADIA
Raudha Building 2st Floor.
JL. Kuningan Barat II No. 21, Mampang Prapatan.
Jakarta Selatan, 12710, Indonesia.
Phone :
  • +62215272455 /
  • 08118867897
E-mail : [email protected]
Website : www.sidia.id
www.software-pendidikan.id